Landasan Linux Untuk Pemula

Landasan Linux Untuk Pemula

Landasan Linux Untuk Pemula ialah sebuah mekanisme operasi yang dipakai untuk  alat electronic dimulai dari lampu sampai netbook dan computer.

Linux dapat dipakai untuk bermacam hal dimulai dari smartphone Anda s/d smart elektroniks. Jika berbicara masalah computer, Linux menjadi alternatif untuk mekanisme operasi seperti Windows.

Perintah Landasan Linux untuk Pemula

Dalam memakai Linux, ada banyak perintah landasan Linux yang bisa memudahkan pemakaian Linux. Tetapi awalnya, silahkan ketahui dahulu apakah itu Linux lebih jauh.

Apakah itu Linux

Saat sebelum belajar linux seharusnya kenali dulu apakah itu linux, Anda barangkali sempat dengar mengenai UNIX. Nach, Linux ialah klon UNIX yang dibikin oleh Linus Torvalds dari 0. Linux ini memiliki sifat gratis dan open-source yang bermakna Anda bisa mengganti apa di Linux dan membagikannya bernama Anda sendiri!

Ada banyak Distribusi Linux, yang umum disebutkan “distro”, yakni:

  • Ubuntu Linux
  • Red Hat Enterprise Linux
  • Linux Mint
  • Debian
  • Fedora
  • dan lain-lain.

Linux sering dipakai di server. Seputar 90% dari internet disokong oleh server Linux. Ini karena Linux cepat, aman, dan gratis.

Baca Juga: Riwayat Dan Perubahan Internet

OS yang berjalan di seputar 80% dari handphone di dunia, Android, dibikin dari kernel Linux. Sejumlah besar virus di dunia berjalan di Windows, tapi tidak di Linux. Itu kenapa Linux sering dipakai di dunia.

Linux Shell atau Terminal

Anda dapat lakukan komposisi pada Linux seperti keperluan Anda. Untuk lakukan ini, Anda membutuhkan Linux Shell atau Terminal. Disini nanti Anda dapat jalankan perintah landasan Linux atau perintah yang lain.

Pada intinya, shell ialah program yang terima perintah dari pemakai dan memberinya ke OS untuk diolah. Sesudah diolah, output akan kelihatan langsung. Shell Linux ialah sisi intinya. Distro-nya tiba dalam GUI (graphical pemakai interface atau antar-muka pemakai grafis), tapi pada intinya, Linux mempunyai CLI (command line interface atau antar-muka baris perintah).

Nach, di artikel ini kita akan mengulas perintah landasan Linux yang dapat Anda pakai pada shell ini.

Perintah Landasan Linux Untuk Pemula

Berikut ialah beberapa perintah landasan Linux yang sering dipakai:

pwd

Saat Anda pertama kalinya buka terminal, Anda akan masuk di home direktori pemakai Anda. Untuk tahu direktori yang mana sedang Anda membuka, Anda dapat memakai command “pwd” ini. Dengan command ini, mereka akan memberitahukan path-nya diawali pada root. Root ialah awalan dari mekanisme file Linux. Pemakai direktori biasa mempunyai pola seperti “/home/username”.

Is

Pakai command “Is” untuk ketahui file apa yang ada di direktori yang Anda membuka. Anda dapat menyaksikan files terselinap dengan memakai command “Is-a”.

cd

Pakai command “cd” untuk masuk di sebuah direktori. Command yang ini benar-benar kasus sensitive jadi Anda perlu masukkan nama foldernya dengan tepat.

Jika diantara folder tersebut memiliki 2 nama atau lebih maka anda perlu memasukkan tanda antara folder namanya.

Misalkan, Anda mempunyai sebuah folder yang dinamakan “Dewa Situs”. Bila Anda masukkan command “cd Dewa Situs”, Anda akan mendapatkan pesan error. Maka Anda perlu masukkan commandnya sebagai “cd DewaWeb”. Jika Anda cuman masukkan “cd” Anda akan dibawa ke home direktori.

Untuk balik ke folder awalnya, Anda tinggal masukkan “cd..”. Titik dua sesudah cd mempunyai makna “kembali” atau back.

mkdir dan rmdir

Pakai command mkdir saat Anda perlu membuat folder atau direktori. Misalkan, Anda ingin membuat suatu direktori bernama “Baru”, karena itu Anda tinggal masukkan command “mkdir Baru”. Jika Anda ingin membuat direktori dengan lebih satu kata pada namanya, sama seperti pada perintah landasan linux awalnya, Anda perlu memakai tanda. Maka Anda harus tulis “mkdir FolderBaru”.

Command rmdir dipakai untuk meniadakan direktori. Tapi perintah landasan linux ini cuman dapat dipakai untuk meniadakan direktori kosong. Jika Anda ingin meniadakan direktori yang berisi files, pakai command “rm” yang akan diulas di bawah ini.

rm

Pakai command rm untuk meniadakan file dan directory. Jadi misalkan Anda ingin meniadakan file yang namanya “lama.html”, Anda tinggal masukan command “rm lama.html”. Tapi perintah landasan ini tidak dapat asal-asalan meniadakan directory. Pakai rm-r untuk meniadakan directory. Ini akan meniadakan directory dan didalamnya.

touch

touch dipakai untuk bikin file baru. Ini dapat berbentuk apa, dimulai dari txt file kosong atau file zip kosong. Misalkan Anda ingin membuat file teks baru, Anda tinggal masukan “touch baru.txt”.

man dan -help

Command “man” ialah halaman manual command. Misalkan, bila Anda masukkan “man rm” karena itu mereka akan memberikan Anda halaman manual command rm. Sementara, bila Anda ingin menyaksikan bagaimanakah cara mereka dipakai, Anda dapat memakai command “cd -help”.

cp

Pakai perintah landasan Linux cp untuk meng-copy file.

mv

mv dipakai untuk mengalihkan files. Anda bisa juga memakai perintah landasan ini untuk menukar nama sebuah file. Misalkan, Anda ingin menukar nama sebuah file dari “baru” jadi “lama”. Karena itu Anda tinggal masukkan command “mv baru lama”.

locate

Perintah landasan linux yang ini dipakai untuk mendapati posisi sebuah file di mekanisme Linux, sama dengan command search di Windows.

Perintah landasan Linux ini benar-benar sangat bermanfaat bila Anda tidak dapat mendapati di mana sebuah file tersimpan. Jika Anda tidak paham apa file itu dicatat dengan huruf besar atau huruf kecil, Anda dapat menambah command “-i” supaya semua file yang memiliki kandungan kata itu keluar.

Misalkan, Anda cari fle yang memiliki kandungan kata “domain” makan Anda dapat masukkan command “locate -i domain”. Bila Anda ingat jika file itu memiliki kandungan dua kata, Anda dapat memakai symbol * antara dua kata itu. Misalkan, Anda ingin cari file yang memiliki kandungan kata “domain anda”, tinggal masukan “locate -i *domain*anda”.

nano dan vi

nano dan vi ialah teks editor yang terinstall di perintah landasan Linux. Nanto ialah teks editor yang dapat keluarkan bermacam kata kunci (keyword) dan dikenal di beberapa bahasa. Vi dapat disebut lebih sederhana dari nano. Dengan command ini, Anda dapat membuat file baru atau ubah file memakai editor.

sudo

sudo ialah perintah yang biasa dipakai pada Linux. Selain itu Sudo berawal dari “SuperUserDo”. Perintah ini bisa dipakai bila satu operasi memerlukan hak akses root untuk dipakai, atau bila akses administratif memerlukan akses.

Sebagai contoh, dengan memakai perintah “sudo su”, kita mulai dapat mengolah dengan kewenangan admin pada mekanisme.

Simpulan

Di artikel ini, kami telah mengulas beberapa perintah landasan Linux yang penting Anda ketahui. Untuk Anda yang baru memulai memakai Linux, perintah landasan ini dapat benar-benar menolong. Jika ada dari Anda yang mengetahui semakin banyak perintah landasan Linux, tidak boleh malu untuk share. Mudah-mudahan artikel ini menolong ya!