Sejarah Lengkap Tentang Komputer

Sejarah Lengkap Tentang Komputer

Sejarah Lengkap Tentang Komputer – Computer saat ini sebagai piranti yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan setiap hari. Tetapi tahukah Kamu riwayat computer sebelumnya?

Pada saat-saat awalnya tercetusnya, computer dibikin tidak untuk menolong kamu menuntaskan bermacam pekerjaan, tapi malah sebagai mesin penghitung. Ini mengarah pada istilah “komputasi” yang bermakna perhitungan, hingga computer bermakna orang atau alat yang dipakai untuk berhitung.

Sejarah Lengkap Tentang Komputer

Dengan pemahaman semacam ini, riwayat computer sangat panjang, bahkan juga di saat-saat saat sebelum Masehi. Bibit-bibit computer bisa diketemukan pada peradaban awalnya manusia.

Pemakaian abacus di Eropa atau suanpan di Tiongkok misalkan, dua alat itu sebagai computer simpel yang dipakai manusia untuk berhitung dengan bisa lebih cepat.

Baca Juga: SMS Blast Salah Satu Taktik Marketing

Tetapi design computer dengan pemrograman sendiri baru ada di awal era ke-19. Pemrakarsanya ialah seorang polymath sekalian insinyur mesin asal Inggris, Charles Babbage. Dia melahirkan penemuan berbentuk computer mesin persisnya di tahun 1822.

Untuk ketahui riwayat computer komplet, dari angkatan ke angkatan, Kamu dapat memerhatikan rinciannya ini.

Riwayat computer angkatan pertama

Riwayat computer kekinian diawali oleh Charles Babbage di awal era ke-20. Babbage yang seorang insinyur sekalian matematikawan mencetuskan sebuah ide untuk membuat mesin riset yang memungkinkannya untuk lakukan perhitungan sekumpulan angka secara automatis.

Walaupun Babbage sukses dengan ide, prakteknya malah tidak mulus. Problemanya berada pada serangkaian mesin yang perlu dibikin dengan tangan, walau sebenarnya serangkaian itu terbagi dalam beberapa ribu sisi.

Walau tidak berhasil, project Babbage bersama pemerintahan Inggris sukses memperlihatkan jika memang bisa saja untuk membuat sebuah alat perhitungan automatis. Penemuan dari Inggris ini bahkan juga selanjutnya menggerakkan periset, pakar matematika, sampai insinyur mesin untuk membuat mesin komputasi.

Timbulnya angkatan analog

Sesudah ketidakberhasilan Babbage, banyak muncul tehnologi mesin komputasi. Tetapi sayang penemuan itu banyak yang meleset dari ide computer Babbage yang terprogram dan dapat digunakan untuk bermacam kepentingan komputasi. Computer pada saat-saat itu dikenali sebagai computer analog.

Computer analog kekinian pertama baru ada di tahun 1872. Mesin yang diketemukan oleh Sir William Thomson ini sebuah piranti untuk meramalkan gelombang air laut. Sekian tahun selanjutnya, persisnya di tahun 1876 James Thomson membuat sebuah computer analog kekinian yang sanggup menuntaskan beberapa kesamaan memakai proses putaran roda dan cakram.

Pucuk pembuatan computer analog datang saat H.L. Hazen dan Vannevar Bush membuat computer analog yang lebih kompleks dengan menyatukan penemuan Thomson dengan amplifier torsi penemuan H. W. Nieman. Piranti ini bahkan juga bertahan sampai tahun 1950 untuk beberapa kepentingan khusus seperti pengajaran dan penerbangan, saat sebelum tergusur oleh kedatangan computer digital.

Sejarah Lengkap Tentang Komputer Angkatan pertama

Riwayat computer selanjutnya berguling pada proses digital. Tahun 1938, Angkatan Laut Amerika sukses membuat computer analog berbasiskan elektromekanik. Penemuan ini jadi sebuah dobrakan karena ukuran piranti yang dibuat cukup ringkas (dapat diangkut sebuah kapal selam) dan tidak membutuhkan daya operasi sebesar computer analog angkatan awalnya.

Penemuan dari Amerika ini selanjutnya melahirkan beberapa computer yang memakai program elektromekanik, diantaranya Z3 ciptaan insinyur Jerman, Konrad Zuse. Computer ini selanjutnya dikatakan sebagai computer digital pertama. Z3 ciptaan Zuse memakai mekanisme bilangan biner yang lebih sederhana dan ringkas bila dibanding dengan mekanisme desimal yang dipakai Babbage.

Dari Z3, beralih pada Colossus yang dibuat oleh Max Newman. Colossus sampai saat ini terdaftar sebagai computer digital pertama kali yang bisa diprogram electronic. Sesudah Colossus, riwayat computer berubah pada ENIAC (Elektronik Numerical Integrator and Computer). Mesin ini sama dengan Colossus, tetapi kecepatannya lebih bagus dan lebih fleksibel.

Untuk menjalankan ENIAC, pemakai harus masukkan program dengan manual ke mesin memakai sakelar khusus. Mesinnya sendiri memiliki ukuran “raksasa”, beratnya capai 30 ton dan memakai tenaga listrik sampai 200 kW.

Angkatan ke-2 , makin dekat ke arah computer kekinian

Ide dari computer kekinian digagas oleh matematikawan Inggris, Alan Touring. Dalam kreasi tulisnya On Computable Numbers (1936), Touring munculkan ide untuk membuat sebuah piranti yang dikatakannya sebagai “universal computing machine”. Dalam tulisannya itu Touring yakin jika mesin itu bisa hitung apa saja yang bisa dihitung lewat sebuah perintah atau program khusus.

Penemuan Touring ini selanjutnya munculkan ide computer dengan stored program. Computer ditingkatkan dengan membuat “ruangan” khusus untuk simpan program (perintah untuk jalankan mesin). Computer dengan stored program pertama di dunia ialah Manchester Baby punya Frederic C. Williams, Tom Kilburn, dan Geoff Tootill.

Sesudah zaman stored program, ada zaman bipolar transistor yang diketemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain dari Bell Laboratories. Alat ini gantikan vacuum tubes yang dipakai pada komputer-komputer digital angkatan awalnya. Transistor lebih enteng, ringkas. dan cuman memerlukan sedikit tenaga listrik. Disamping itu, transistor lebih bertahan lama. Pendayagunaan transistor pertama kalinya pada riwayat computer terdaftar dalam project Tom Kilburn dari University of Manchester.

Riwayat computer selanjutnya bergerak pada pemakaian circuit terintegrasi (integrated sirkuits). Circuit terintegrasi sebuah piranti yang dibuat dari material semikonduktor dengan semua elemen listrik terpadu. Ide ini dicetuskan oleh Geoffrey W.A. Dummer. Aplikasinya sendiri dilaksanakan oleh beberapa faksi, tetapi yang terpopuler ialah Jack Kilby (Texas Instruments) dan Robert Noyce (Fairchild Semiconductor).

Angkatan ke-3 dan ke-4

Karena ada integrated ciruit, perubahan computer juga makin terdefinisi. Arah pengambangan computer juga lebih terukur, yaitu ke arah computer sama ukuran yang lebih kecil. Triknya dengan memperkecil ukuran circuit dan elemen elektrik dalam computer. Ini selanjutnya direalisasikan lewat Large Scale Integration (LSI).

Tahun 1964, Douglas Engelbart mempresentasikan sebuah arketipe computer mobile dengan sebuah mouse dan graphical pemakai interface (GUI). Ide ini selanjutnya membuat khalayak mulai mengetahui jika computer bisa juga dipakai oleh warga di luar kelompok periset dan matematiakawan seperti asumsi awalnya. Contoh computer mobile angkatan pertama ialah IBM 5100 yang mempunyai berat 23 kg.

Di tengah tahun 1970-an, pabrik perakitan computer mulai menghasilkan computer untuk warga yang selanjutnya disebutkan dengan minikomputer. Piranti ini datang dengan software simpel, waktu itu program yang terpopuler ialah word processing dan spreadsheet.

Berubah ke tahun 1980-an, minikomputer mulai diperlengkapi dengan program video games untuk selingan. Salah satunya yang terpopuler ialah Atari 2600.

Di tahun 1981, IBM mulai mengenalkan individual computer (PC) untuk penggunaan berdikari di kantor atau rumah. Sampai tahun 1991, pemasaran PC dari IBM bahkan juga sudah capai 65 juta unit. Bersamaan dengan bertambahnya reputasi PC, pengembangan juga terus dilaksanakan. Computer pada angkatan ke-4 terus diperkecil ukuran dan ditambahkan kekuatan kerja piranti lunaknya.

Untuk sekarang ini sendiri, computer mulai masuk angkatan ke-5. Ini diikuti dengan pemakaian artificial intelligence pada computer.

Memang mekanisme ini tidak dapat betul-betul dapat diaplikasikan karena ada banyak kekurangannya. Walaupun demikian, bukan bermakna realisasi computer angkatan ke-5 tidak kemungkinan terjadi di saat dekat.

Bagaimana, rupanya piranti yang ada di depan kamu saat ini mempunyai riwayat yang panjang. Mudah-mudahan riwayat computer di atas dapat memberi pengetahuan baru buat kamu.